Ogah Buka Facebook lagi!!

Sudah beberapa hari ini gue dibuat emosi oleh itu Social Media Facebook.

Kenapa?


Spam-spam yang nawarin bisnis online atau jualan barang itu lho, Banyak banget!! Nyampah di layar gue!!
Jual barang mulai dari notebook, handphone, kamera, televisi, baju, tas, bahkan sampe kancut juga ada! Eargh lengkap deh -_______-


Kalo hanya sekali dua kali sih gue enjoy aja. Tapi kalo tiap buka facebook, isinya pesan-pesan gitu-an, gambar-gambar promo, dan lain-lain gitu, kan ya reseh.


Bahkan grup-grup yang dulu gue anggep bagus menarik dan unik pun sekarang menjelma jadi toko online dan media promosi........ Ambil Contoh grup Anime blablabla Fans Group, dulu grup ini selalu share tentang Anime itu, jadwal terbit komiknya di Indo, film-nya, dll deh pokoknya seru! Sekarang? 
Jual notebook murah cuma setengah harga, beli 2 gratis 1, lengkap dengan surat jaminan BPKB tanah 3 tahun-nya ato apalah itu.
Apa hubungannya coba sama Anime yang jadi tujuan awal grup itu?


Iya. Mungkin ada beberapa orang yang senang juga mendapat iklan itu karena mereka juga lagi butuh barang tersebut dan cari yang murah tentunya, tapi kan nggak semua orang suka disampahin gitu.

Sama ketika berpromosi di dunia nyata, promosi di dunia maya pun harus punya etika.
Ambil contoh dalam kehidupan nyata, ketika ada seorang sales rumahan menawarkan barangnya, nggak mungkin dong si sales langsung masuk rumah begitu aja. Ya nggak? 

Yang paling gue nggak suka adalah iklan-iklan berbau p*rn*grafi. 
Iya mungkin bagi spesies-spesies tua diluar sana, ini udah biasa, dilihat istri / suami pun pasti mereka tau "Oh itu iklan". Nah kalo Spesies bocah kayak gue?

Pernah nih, udah lama, 2011, gue masih demen-demennya main Facebook & masih belom Gila Twitter, hari itu gue kerjain tugas sambil Facebook'an. Biasa lah, spesies muda.
Saat itu gue kerja di kamar gue, tanpa ada seorang pun disitu, ada sih anjing gue.
Nah saat itu jam 7 malam, tiba-tiba Nyokap masuk ke kamar, nah Sialnya, pas itu gue lagi buka wall Facebook! Berhubung struktur kamar gue yang aneh ini membuat orang yang masuk dari pintu bisa ngeliat layar laptop gue, Nyokap pun kaget, teriak histeris dan bentak-bentak gue.

Saat gue heran, gue tengok lagi wall facebook gue, dan ternyata. 
Iklan sial itu! iya! Iklan sial itu ad di sana! Di wall gue! bahkan iklan jual kancut! 
Udah gitu gambarnya nyentrik banget, keliatan sekelompok cewek memakai kancut itu dan seorang cowok yang lagi terpesona. Posisi sapce iklan-nya juga kentang banget, gede di sebelah kanan layar , memanjang kebawah, makan tempat 1/8 (seperdelapan) Screen lah

Bisa bayangin kan seorang nyokap memergoki anaknya yang masih unyu itu tengah membuka gambar terlarang semacam itu. Setelah itu, gue jelasin panjang lebar. Karena nyokap gue orang-nya ga gampang percaya-an, gue terpaksa ngebuktiin dengan membuka facebook nyokap dan adek gue, hasilnya, iklan yang sama pun muncul.

Nyokap pun minta maaf, walaupun sambil marah-marah juga sih

Sejak itu gue udah enggan lagi sama facebook, akun Facebook gue udah gue tinggal, cuma buat pamer-pamer aja kalo gue bukan anak buangan yang gatau facebook.

Saran gue buat bocah-bocah blogger di seluruh dunia: Hanya ada 3 pilihan untuk kalian, buang facebook-mu, jangan kerja tugas sambil facebook-an, ato kerjakan tugas sambil facebook-an di tempat aman! Nggak, Gue nggak bermaksud ngajarin kalian buka gambar kayak gitu secara sembunyi-sembunyi, tapi supaya kalian nggak kena celotehan Nyokap, sekaligus jaga harga diri lo di depan ortu lah.

Oh ya.
Saran gue juga untuk Bokap Nyokap di seluruh dunia: Plis. Jangan salah paham. Kita yang masih bocah ini bahkan nggak tau kalo bakal ada iklan kayak gituan, jangan terburu-buru emosi deh! :D

Sekian.

0 comments:

Posting Komentar

Cari apa, adeekk?