SmartPhones = Smart People

Entah kenapa gue lagi pingin bahas Blackberry.
Gue hitung, sekitar 80% manusia di Indonesia memakai bb.
Gue hitung lagi, 30%-nya memakai bb untuk bisnis dan kepentingan lainnya.. 50% Sisanya memakai bb cuma buat lifestyle. Sangat disayangkan.
Sekarang gue akan bahas fitur terkenal blackberry, yaitu BBM

Siapa yang nggak tau BBM? BBM adalah singkatan dari Blackberry Messenger. Tapi itu dulu, sekarang enggak. sekarang BBM malah lebih mengarah ke arti (B)odoh-(B)odohin (M)assal. Kenapa?

Notes
Yang darah tinggi, jangan baca... Yang ngga pake bb juga boleh baca... 
Yang punya penyakit jantung, harap konfirmasi ke orang yang posisi-nya paling dekat dengan anda saat ini

BROADCAST MESSAGE
Broadcast adalah fitur yang disediakan BBM. Dengan broadcast, kita bisa menyebarkan satu pesan ke banyak orang, bahkan semua contact di BBM kita. Lebih berguna daripada SMS Send-To-All

Tapi banyak orang yang salah menggunakan broadcast..

"Add temen gue ya, namanya juminten.. Menurut temen gue yang tuna netra, dia cantik sih.. kalo mau lebih jauh, add dia! Pin:22e43d55"

Kayak yang diatas....

Maaf nih sebelumnya, Tapi BBM bukan lagi Facebook ato Situs usang bernama Friendster.. Jadi kayaknya nggak perlu lah itu nyuruh orang nge-add temen. Kasih tau deh temen-temen kalian yang minta promote-in pin-nya, BBM bukan Friendster. Kalo mau balapan banyak-banyakan contact, kampungn banget... Kalo mau cari temen, gue kasih tau deh supaya nggak keliatan gue ngehina doang..
1. Lo ping temen lo yang banyak contact
2. Lo bilang, lagi pingin nambah temen, dan lo minta aja ke dia pin-pin orang-orang yang friendly supaya lebih gampang

Broadcast saat special day juga sering masuk.
Happy Valentine, Merry Christmas, Happy Easter, de el el
Gue peringatin sebelum Valentine.
Sebaiknya, lo kalo mau ngucapin, tulis aja di status.. kalo pingin masuk Recent Update, tulis di Personal Message.. kalo pingin ngucapin di chat ya pilih-pilih aja, jangan semuanya lo ucapin
Resikonya

-Bagi orang-orang yang benci broadcast, mereka akan menganggap lo annoying dan men-delete lo. Kayak gue. Gue benci broadcast nyampah

-Bagi yang nggak ngerayain? Makin nusuk lagi. Misalnya ucapan natal lo kirim ke muslim, ucapan selamat menunaikan puasa lo kirim ke orang kristen, ucapan Tahun baru cina lo kirim ke orang yang ga ngerayain, yah memang hak mereka sih ngerayain ato ga, tapi ada juga orang yang tersinggung karena itu..

Dari awal sih gue ngirim broadcast cuma ke keluarga ato temen kerja aja. Mempersingkat waktu untuk informasi. 

Cara pake broadcast tuh gini. BBM bisa dipisah kok contactnya berdasarkan kategori. Temen, keluarga, alumni, kantor. Nah pisahin kontak lo. Kalo udah baru broadcast, Misal mau Broadcast berita ke keluarga ya di send ke kategori keluarga, jangan ke semua..

Gini. Asumsi nih ya, kalo lo keseringan broadcast, dan di Cap tukang broadcast, tiap broadcast di end chat, mampus lo. Takutnya gini, lo kena musibah butuh bantuan, misal kegencet pantat kuda.. Lo broadcast, boro-boro di baca, langsung di end chat dah! Yang rugi siapa? Ya elo



AUTOTEXT
Ciri-ciri orang baru beli bb
1. Semangat banget ngirim broadcast Selamat pagi, Selamat siang, Selamat sore, dll
2. Nulis nama di ukir-ukir, pake kembang, pake pesawat, pake burger, biar dibilang keren.. Padahal enggak
3. Dikit2 pake autotext, ketawa aja autotext-nya sampe seribu baris isinya cuma emoticon, bendera, sama tulisan HAHAHA diukir-ukir

Autotext.
Autotext itu digunakan untuk mempersingkat tulisan panjang, contohnya ya alamat, biodata, atau data-dta panjang yang penting. Semua autotext gue sih udah gue hapus. Isinya cuman alamat, nomor rekening, dan data-data penting lainnya.

Coba kalian cari di kamus bahasa Indonesia. Tulisan cuma ada A-Z. Gak ada sejarah, "Katanya" jadi "Katax" Jaman dulu sih masih lumrah, oke deh disingkat-singkat, toh sms batasnya cuman 160-an.. Tapi bbm batasnya banyak banget, lebih dari 500 karakter kira-kira, masa kurang sih?

Terus...

Seriously, autotext ukiran itu alay. Memang hak kalian juga sih.. tapi kan....
Gini. Autotext ukir-ukiran bisa dibaca bb, tapi di pc, tweetdeck, dll, gabisa kebaca. Kalo bisa jangan di autotext.

Menurut gue fungsi dari emoticon kayak =)) =D {()} :* dll itu cuma untuk pembangkit.. apa ya.. Pembangkit perasaan. jadi chat terasa lebih seru gitu kan. Tapi kalo tiap ketawa pake autotext dengan 10-15 emoticon ya malah jadi lebih bosenin daripada saat ga pake emoticon.

Pribadi, gue juga pernah diputusin pacar karena dia nganggep gue terlalu alay pake-pake autotext. Jadi gitu deh..

Gue tau perasaan lo lo yang baca artikel ini, tapi maaf banget, gue juga pernah dateng ke tempat kalian sekarang. Tempat dimana baru pertama kali liat autotext, koleksi autotext, pake-pake autotext tiap teken tombol send, gue pernah.
Mungkin gue menyinggung perasaan kalian, tapi sorry, gue makin lama makin sadar saat gue ada di posisi orang-orang yang dulu gue chat-in mereka pake beribu-ribu autotext..

Kita sebagai manusia, harus lebih pintar dari "barang-barang" yang kita pake, bukan dibodohin

0 comments:

Posting Komentar

Cari apa, adeekk?